Diposkan oleh
M.FarwsyahR. on Selasa, 25 Februari 2014
PENDAHULUAN
Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam
kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah
kebawah sekalipun.Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di
dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia.
Atas
dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka
untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.Dimana dalam
pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang
adil dan beradab,agar semua masyarakat mengecam IPTEK secara
merata.Begitu juga diharapkan SDM nya bisa lebih baik lagi,apalagi
banyak kemudahan yang kita dapatkan.Namun,berbanding terbalik dengan
realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi,telah
membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh
kemudahan-kemudahan yang ada tersebut. Ambil saja salah satu contoh
perkembangan IPTEK dibidang telekomunikasi dimana zaman dahulu computer
itu sangat langka karena harganya yang mahal berbeda dengan sekarang
harga komputer sudah sangat murah dan menjangkau lapisan menengah ke
bawah.
Disatu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat
baik sekali di aspek telekomunikasi, namun pelaksanaan pembangunan IPTEK
masih belum merata. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus
harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut.Hal itu
dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung.Maka
dari itu,pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah
tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber
Daya Manusia yang ada.
Semoga materi kali ini berguna bagi
para Computer Freak, dan dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk
berhati-hati dalam menggunakan teknologi, khususnya komputer.
Ternyata
tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia.
Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi
kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang
pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop
atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefisien
mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi
yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal
dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin
kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.
Adapun masalah yang dapat saya angkat dalam tulisan ini adalah tentang pengaruh computer bagi manusia:
Manfaat yang dapat ditimba dari penggunaan komputer.
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari
Manfaat komputer di bidang pendidikan
Fungsi Dan Manfaat Komputer Bagi Kita
Manfaat yang dapat ditimba dari penggunaan komputer.
dampak negatif psikologi yang ditimbulkan dari computer
Efek Negatif terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh teknologi computer
Tips untuk mengurangi sindrom visual computer.
MANFAAT YANG DAPAT DITIMBA DARI PENGGUNAAN KOMPUTER
Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya
perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin
anak tertarik pada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk
belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca.
Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program yang disertai
gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka
halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada
belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
Selain
program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk
permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan
pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak
untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan
semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).
Karena
biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program
olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan
bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan
komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai dalam matematika lantaran
sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer dan dapat memiliki
banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
Secara tidak
langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang
dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka
menginjak dewasa dan masuk dalam dunia kerja.
MANFAAT KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat
membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia
diantaranya adalah :
1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya
komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat
kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama
siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat
perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi
guru-guru sekolah.
Mengakses informasi pendidikan lewat internet.
Seiring perkembangan zaman Internet telah merambah sekolah-sekolah
setingkat kecamatan, sehingga akses informasi pun semakin mudah
diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor
detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa
organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan
Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta,
tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan
fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan
teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan
Komputer.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan
jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan
dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang
sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani
dengan cepat menggunakan komputer.4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan
akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu
berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam
sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses
sedemikian cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat.
Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil
dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara
manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi
dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar
kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan
analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD
III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin
yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa
mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan
exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan
manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas
koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi
basi dantidak up-to date lagi.
8. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film
semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer. Animasinya juga dikembangkan mempergunakan animasi yang dibuat
dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul
TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal
raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah
mirip dengan kejadian nyata.
9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa
untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan
modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun
di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau
DVD perlu bantuan program komputer untuk memproses pembuningan atau
pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit
yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan
dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak ,
Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi
komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga
Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di
hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke
seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga
sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.
12. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya
dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model
dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari
berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk
proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian
dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.
MANFAAT KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN
Manfaat
komputer di bidang pendidikan banyak sekali diantaranya:1. Sebagai alat
presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing
dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun
gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga
mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.2. Sebagai
pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan
tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis
laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan
puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih
simple dan lebih efektif.3. Sebagai alat hitung – Di dalam komputer
tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali
angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah ,
rata rata dan juga pembagian.4. Sebagai media komunikasi dengan
masyarakat luas – tahukah anda bahwa
internet
adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling
terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai
server , dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google
yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya,
setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk
pdf ,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia
selama server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down
ataupun maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di
unduh ataupun di baca.
FUNGSI DAN MANFAAT KOMPUTER BAGI KITA
1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja:
Dengan
komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila
dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada
kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali,
selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di
edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik
dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit
berulang-ulang.
2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman
dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita,
kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar
suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat:
Berbicara dengan teman atau saudara kita
Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3. Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu
alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk
mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita
dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada
komputer antara lain :
Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu
fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di
sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio,
Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer
yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh
pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
Dari aplikasi
yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu
bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli
dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini
kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan
aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi,
Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di
bidang disain arsitektur dll.
Selain dari aplikasi yang kita
install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh
pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan,
Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi,
Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh),
pengetahuan Agama dll.
5. Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas
Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
Informasi Politik
Informasi Perdagangan
Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain
untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer
juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang
mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
Membuat Rental Komputer
Membuat Warnet
Membuat Usaha percetakan
Membuat usaha Vidoe Editing
Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
Membuat Usaha Sablon
Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
Membuka usaha Disain Arsitektur.
Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
Membuka Usaha disain Website
Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
Membuka Usaha Kursus Komputer
Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
Dll
7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa
pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai
sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
Mengontrol kamera security
Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
Mengontrol Escalator
Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
Pengontrolan peralatan Editing Video
Pengontrolan tata lampu traffic jalan
Pengontrolan system jaringan Network
dll
Tapi
dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer,
banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain
:
Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan
seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa
terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
Programer
yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data
seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Tapi
kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si
pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk
membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah
segala bidang pekerjaan.
MANFAAT YANG DAPAT DITIMBA DARI PENGGUNAAN KOMPUTER.Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya
perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin
anak tertarik akan program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk
belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca.
Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program yang disertai
gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka
halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada
belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
Selain
program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk
permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan
pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak
untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan
semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).
Karena
biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program
olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan
bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan
komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai dalam matematika lantaran
sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer dan dapat memiliki
banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
Secara tidak
langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang
dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka
menginjak dewasa dan masuk dalam dunia kerja.
DAMPAK NEGATIF PSIKOLOGI YANG DITIMBULKAN DARI KOMPUTER1. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari
fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang
banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak,
remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan
permainan kesukaan mereka masing-masing.
Contohnya saja
mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan
seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer.
Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela
kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan
komputer banyak memberikan bumbu-bumbukekerasandidalamnya.
Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen,
permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan
kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan
sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games)
memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang
sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman
kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
2. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan
terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa
komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang
dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang
bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya
karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci
yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan
tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan
tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet.
Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan
orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer
ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan.
Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh
perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang
rendah.
3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat
membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer.
Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer
layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur
yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi
sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan
rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang
ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawrakna dapat
memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.
Situs
permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi
komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia
sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang
membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli
merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan
adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan
seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya
terhadap internet.
EFEK NEGATIF TERHADAP KESEHATAN MANUSIA YANG DITIMBULKAN OLEH TEKNOLOGI COMPUTER:
1. Radiasi Monitor
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat
kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor.
Tampilan
layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna
merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.
Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang
berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain
sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga
berpengaruh pada beban mata. (1,3)Pemakaian layar monitor yang tidak
ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata.
Berdasarkan hasil
penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada
mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata
berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Bila
operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata
akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke
layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi
kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak
mata.
Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan
tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan
ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk
operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata
radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah
yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun.
Harga tersebut jauh lebih
rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi
bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun.
Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah
500 m Rem per tahun
Akhir-akhir ini banyak dijual kaca filter untuk
layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari
komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter
kesilauan (glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter
radiasi.
2.Terganggunya Syaraf
Printer yang
menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebih rendah bila
dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang
paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang
tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat
pada kelelahan maupun rasa nyeri.
Adapun batas kebisingan yang
diizinkan untuk bekerja selama kurang dari 8 jam per hari adalah 80 dB.
Sedangkan ruang kerja yang ideal adalah dengan kebisingan sekitar 40 –
50 dB. Apabila di dalam ruang kerja terdapat mesin pendingin (AC), maka
kebisingan akan bertambah selain dari suara printer.
3. Strain Injury berulang (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi
keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang
dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas
berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka
penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational
Overuse Injuries).
Keluhan ini terutama diderita oleh para pekerja
dengan posisi duduk yang statis saat menggunakan komputer atau
menggunakan gerakan tangan yang berulang (repetitive) setiap hari, beban
kerja yang statis (seperti menggenggam mouse), membiarkan lengan
membengkok, dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama. Ini akan
bertambah buruk jika tempat kerja tidak didesain secara ergonomis,
misalnya posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau
terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dan
sebagainya.
Hal ini akan semakin parah bila ditambah lingkungan kerja
yang kurang bergerak, kurang istirahat, mengandung stress tinggi dengan
deadline dan laporan rutin serta lainnya. Apalagi jika Anda perokok,
menderita kegemukan (obesitas), lemah otot, memiliki tangan yang terasa
dingin serta kurang berolah raga.
Gejala awal RSI dapat muncul pada
berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang
menjadi tanda peringatan menyangkut:
•Kesulitan membuka dan menutup tangan
•Otot tangan terasa kaku (misalnya hingga kesulitan mengancing baju)
• Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku, memutar tombol, memegang mug)
• Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutama di awal pagihari
• Tangan terasa dingin
• Tangan gemetar (tremor)
• Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa.
TIPS UNTUK MENGURANGI SINDROM VISUAL KOMPUTER :
Sebelum
terjadi ketegangan pada mata Anda, hal pertama yang harus dilakukan
adalah memastikan kondisi pencahayaan yang cukup optimal di area kerja
dan sumber cahaya tersebut diatur sedemikian rupa agar nyaman bagi mata
Anda.
Fakta membuktikan bahwa pencahayaan di tempat kerja
dapat mempengaruhi visual Anda. Jika lampu terlalu terang atau terlalu
redup bisa mengakibatkan kelelahan pada mata. Solusinya ? lakukan
pengaturan cahaya yang cukup sehingga dapat memberikan kenyamanan pada
mata dan area kerja Anda.
Terakhir, berhentilah berlama lama didepan komputer kalau memang aktifitas penting anda sudah selesai.
Langkah
selanjutnya adalah menjalani beberapa latihan sederhana pada mata untuk
mengurangi terjadinya sindrom visual komputer atau gejalanya bisa
dikurangi sehingga aktifitas anda didepan komputer bisa tetap terjaga,
latihan ini memerlukan kurang lebih setengah jam sampai dengan satu jam
dan dianjurkan dilakukan secara berkesinambungan.
- Duduk atau berbaring dengan posisi yang cukup nyaman, gosokkan kedua
telapak tangan bersama-sama selama beberapa detik kemudian tutup mata
Anda dan letakkan telapak tangan di dekat mata. Telapak tangan ini harus
diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak menyentuh mata. Duduk selama
sekitar dua menit, Anda akan mulai melihat kegelapan intens yang akan
memberikan terapi pada mata.
- Putar mata Anda bolak-balik ke atas dan ke bawah, ini terapi yang cukup baik untuk melatih mata.
- Pejamkan mata Anda selama 3-5 detik kemudian buka kembali selama 3-5 detik. Ulangi langkah ini sampai 7 atau 8 kali.
KESIMPULANKomputer
sangat penting bagi manusia, baik untuk dunia pendidikan, kedokteran,
dan untuk perkantoran. Ternyata tak selamanya kemajuan dunia komputer
berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati
adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Maka kita
harus bisa mengatasi atau menjaga diri kita dari ketergantungan
menggunakan computer agar kita bisa menjalani aktivitas kita sehari-hari
agar tidak terbengkalai. Demikian juga dengan teknologi yang telah ada
sekarang ini maka kita harus pintar menyikapinya agar tidak berakibat
buruk bagi kehidupan kita.
Terimakasih, Semoga Bermanfaat...